Menjadi Umat Terbaik Melalui Metode Pengajaran Nabawi

Menjadi Umat Terbaik Melalui Metode Pengajaran Nabawi

Menjadi Umat Terbaik Melalui Metode Pengajaran Nabawi

Oleh: Abu Muhammad Hisan

Di dalam Al-Qur'an Allah SWT menyebut Rasulullah saw dan para sahabatnya sebagai khoiru ummah (umat terbaik),

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ  

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah." (QS. Ali Imran: 110).

Mereka tumbuh berkembang dengan bimbingan Al-Qur'an. Sehingga akhlak mereka menjadi akhlak yang karimah (mulia) dan aqidah mereka menjadi aqidah yang salimah (bersih). Mereka tercelup dengan sebaik-baik celupan, sebagaimana difirmankan oleh Allah swt,

صِبْغَةَ اللَّهِ ۖ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ صِبْغَةً ۖ وَنَحْنُ لَهُ عَابِدُونَ

"Shibghah (celupan) Allah. Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya dari pada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah." (Al-Baqarah: 138).

Bagaimanakah metode pengajaran yang diterapkan Rasulullah saw dalam mendidik umatnya itu sehingga menjadi umat yang terbaik?

Metode tarbiyah qur'aniyah. Inilah rahasianya, sebagaimana tergambar dalam riwayat berikut ini.

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ : كُنَّا نَتَعَلَّمُ
 مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَشْرَ آيَاتٍ فَمَا نَعْلَمُ الْعَشْرَ الَّتِي بَعْدَهُنَّ حَتَّى نَتَعَلَّمَ مَا أُنْزِلَ فِي هَذِهِ الْعَشْرِ مِنْ الْعَمَلِ

Riwayat dari Abdul Rahman As-Sulamiy dari Ibnu Mas’ud, ia berkata: “Kami dulu belajar dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam 10 ayat, kami tidak mengetahui 10 ayat yang sesudahnya sehingga kami mempelajari pengamalan apa yang diturunkan dalam 10 ayat ini.” (Ath-Thohawi w. 321H/ 933M, Musykilul Atsar, juz 3 halaman 478.

Begitulah Rasulullah saw mendidik umatnya dengan Al-Qur'an. Metode pengajaran yang dilakukan Nabi 14 abad yang lalu ini hendaknya menginspirasi kita. 

Pertama, bahan pengajaran pokok yang harus menjadi fokus kajian dalam pendidikan Islam adalah Al-Qur'an.

Kedua, proses pendidikan harus berjalan secara sistematis dan berkelanjutan.

Ketiga, pendidikan hendaknya bersifat aplikatif dan terukur.

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya, sehingga kita pun dapat membentuk umat yang terbaik.
Wallahu a'lam...

Share on Google Plus

0 comments:

Posting Komentar