Sebab-Sebab Keterpurukan Umat Islam Bagian 2



Setelah kita membahas sebab-sebab keterpurukan umat Islam bagian ke 1 yang lalu, berikut sambungan dari pembahasan tersebut.

Selain faktor tafarruq (perpecahan), penyebab umat Islam menjadi lemah dan terpuruk adalah fenomena juz'iyyah (parsial) dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam.

Sebagian umat ini ada yang  memahami bahwa Islam hanyalah sebatas ibadah ritual belaka, mereka lalu hanya fokus padanya seraya menganggap tidak penting bagian ajaran Islam lainnya. Padahal Islam itu memperhatikan seluruh aspek kehidupan dan agama secara seimbang serta proporsional: aqidah, syariah, akhlak, ibadah, amar ma'ruf nahi munkar, pendidikan, politik, ekonomi; dunia, akhirat; lahir, batin; akal, jiwa, raga, dan lainnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ (٢٠٨)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ (٢٠٨) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/01/tafsir-al-baqarah-ayat-204-212.html#sthash.ccgxy0Tu.dpuf

Allah SWT berfirman, "Wahai orang-orang yg beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara kafah (menyeluruh), dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaithon, karena ia adalah musuh yang nyata bagi kalian." (2: 208).

Apa jadinya umat ini jika hanya fokus pada ibadah ritual? Apa jadinya umat ini jika hanya fokus pada masalah tazkiyatunafs? Apa jadinya umat ini jika hanya fokus pada masalah ekonomi, politik,  amal sosial, dlsb. Padahal mereka memiliki tugas menjadi ibadullah dan khilafatullah sekaligus. Mereka memiliki kewajiban untuk melakukan ri'ayah (pemeliharaan) dan imarah (memakmurkan) bumi. Mereka harus menjadi ustadziyatul alam (guru bagi alam semesta).

Akankah tugas-tugad besar dan mulia itu dapat terwujud jika umat ini memahami dan mengamalkan agamanya secara juz'iyah (parsial)?
Tentu tidak...

(Bersambung Insya Allah...)
 
Share on Google Plus

0 comments:

Posting Komentar